SEMOGA BERMANFAAT.........!
Media ini di buat sendiri (handmade) sehingga cocok digunakan dalam kondisi kelas yang tiddak memiliki fasilitas elektronik sekalipun.
KOCOK KARTU
Topik : Passive
Voice
Kelas :
XI (SMA)
Tujuan
pembelajaran:
Mengamati
· Siswa
mendengarkan dan membaca banyak kalimat Passive, dalam berbagai konteks.
· Siswa
mengikuti interaksi tentang tindakan/kegiatan/kejadian tanpa perlu menyebutkan
pelakunya selama proses pembelajaran, dengan bimbingan guru.
· Siswa
menirukan contoh-contoh kalimat yang menyatakan dan menanyakan struktur Passive
· Dengan
bimbingan dan arahan guru, siswa mengidentifikasi ciri-ciri kalimat yang
menyatakan dan menanyakan kalimat Passive (fungsi sosial, struktur teks, dan
unsur kebahasaan).
Mempertanyakan
Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mempertanyakan
antara lain perbedaan antar berbagai kalimat Passive yang ada dalam bahasa
Inggris, perbedaan ungkapan dalam bahasa Inggris dengan yang ada dalam bahasa
Indonesia, kemungkinan menggunakan ungkapan lain, dsb.
Eksperimen (Explore)
a.
Siswa bertanya jawab dengan kalimat Passive dalam bahasa
Inggris dalam konteks simulasi dan
kegiatan lain yang terstruktur.
b. Siswa berusaha menyatakan dan menanyakan dalam bentuk passive dalam bahasa Inggris dalam proses
pembelajaran.
Mengasosiasi
· Siswa membandingkan
kalimat passive yang telah dipelajari
dengan kalimat aktive.
· Siswa
membandingkan antara kalimat passive dalam bahasa Inggris dengan bahasa ibu
atau bahasa Indonesia.
Komunikasi
· Siswa
bertanya jawab dengan kalimat passive dalam bahasa Inggris, di dalam dan di
luar kelas.
· Siswa
berkreasi dengan tulisan ilmiah mereka dengan kalimat passive
· Siswa
menuliskan permasalahan dalam menggunakan bahasa Inggris untuk menyatakan dan
menanyakan kalimat passive dalam jurnal belajarnya.
Indikator :
·
Siswa bisa mengubah kalimat aktif menjadi kalimat pasif
dalam bahasa inggris dan kalimat pasif menjadi kalimat aktif
·
Siswa mengetahui susunan kalimat pasif yang benar
·
Siswa mengetahui perbedaan antara kalimat pasif dan
kalimat aktif
Waktu : 3x45 menit
Alat dan bahan :
-
Gunting
-
Penggaris
-
Bolpoin hitam
-
Kertas karton
-
Doubel tip
Kekuatan :
-
Siswa akan lebih banyak berlatih cara membuat kalimat
passive voice
-
Siswa mengetahui bentuk kalimat pasif
-
Mengajarkan perilaku jujur dan disiplin
Kelemahan :
-
Siswa butuh banyak waktu untuk mengubah kalimat
-
Siswa tak mengetahui kesalahan mereka dalam mengubah
kalimat aktif menjadi kalimat pasif
Tahapan pembelajaran:
-
Guru membuka pelajaran dengan menyapa, menanyakan keadaan
siswa dalam bahasa Inggris
-
Guru memperkenalkan materi yang akan diajarkan
-
Guru bertanya pada siswa mengenai sesuatu yang mereka
ketahui tentang materi
-
Guru menjelaskan materi dan memberikan beberapa contoh
-
Guru membuka tanya jawab kepada siswa.
-
Guru meminta beberapa siswa mengubah kalimat aktif yang
dituliskan di papan menjadi kalimat pasif sementara yang lain memperhatikan
-
Selanjutnya, guru memberi latihan kepada setiap siswa
melalui game. Guru memberitahukan aturan permainan
1.
Bagi siswa menjadi 2 kelompok
2.
Letakkan tumpukkan kartu yang sudah dituliskan kalimat-kalimat
aktif di atas meja yang berada di tengah-tengah kelas
3.
Minta siswa dari masing-masing kelompok untuk berbaris
memanjang kebelakang
4.
Kemudian, satu siswa dari masing-masing kelompok maju
kedepan meja saling berhadapan
5.
Guru mengocok kartu yang telah diletakkan di meja dan
meminta masing-masing siswa mengambil satu
6.
Setiap siswa harus mengubah kalimat aktif tersebut
kedalam kalimat pasif
7.
Siswa yang dapat mengubah dengan benar akan mendapatkan
tanda bintang
8.
Hal ini dilakukan terus sampai kartu habis
9.
Kelompok yang paling banyak mendapat bintang adalah
juaranya dan mendapat nilai plus.
-
Guru mengakhiri kelas
MEDIA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar